Implikasi Pendidikan Agama Kristen dalam Teknologi

Authors

  • Shekinah Glory mawuntu Sekolah Tinggi Teologi Bethel The Way, Jakarta Author
  • Lasmi Sigalingging Sekolah Tinggi Bethel The Way Jakarta Author

Keywords:

agama krsiten,teknologi pembelajaran, pendidikan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Pendidikan Agama Kristen (PAK) pun tak luput dari pengaruh ini. Artikel ini akan membahas implikasi teknologi terhadap PAK, baik peluang maupun tantangan yang ditimbulkannya. Di satu sisi, teknologi menawarkan akses yang lebih mudah terhadap sumber belajar agama, namun di sisi lain, juga menghadirkan tantangan seperti distraksi, relativisme, dan individualisme. Artikel ini akan mengkaji lebih dalam mengenai dampak teknologi terhadap PAK serta strategi yang dapat diterapkan untuk mengatasi tantangan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boiliu, Fredik Melkias, Sara Yemima Purba, And Agustus Laia. “Transformasi Kerohanian Siswa Di Era Digital: Pendekatan Baru Dalam Pendidikan Agama Kristen.” In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1:94–110, 2024.

Gainau, Markus S. Pendidikan Agama Kristen (Pak) Anak. Yogyakarta, 2016.

Mulyani, Yani Sri, Taufik Wibisono, And Agung Baitul Hikmah. “Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi.” Jurnal Ilmiah Hospitality 11, No. 1 (2022): 291–296.

Natalia, Krisma, And Niwayan Sukraini. “Pendekatan Konsep Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Era Digital.” In Prosiding Seminar Nasional Iahn-Tp Palangka Raya, 22–34, 2021.

Ndruru, Beriaman, And Mozes Lawalata. “Signifikansi Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Teknologi Terhadap Karakter Rohani Peserta Didik.” Jurnal Teologi Cultivation 7, No. 1 (2023): 152–169.

Norbert M. Seel. “Encyclopedia Of The Sciences Of Learning.” Jerman, 2012.

Pandie, Remegises Danial Yohanis. “Literasi Digital Berbasis Pendidikan Kristiani Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Era Disrupsi Teknologi.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, No. 4 (2022): 5995–6002.

Pandie, Remegises Danial Yohanis, And Desi Sianipar. Feodalisme Budaya Dan Konsep Pendidikan Agama Kristen Yang Membebaskan. Bandung: Cv Widina Media Utama, 2022.

Rannu Dkk Sanderan. “Literasi Digital Dalam Perspektif Kristen.” Ed. Kalis Stevanus Dan Tim Pusat Studi Seni Dan Budaya (2021): 17–18.

Rizal, Ahmad Saiful. “Inovasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Era Digital.” Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan 14, No. 1 (2023): 11–28.

Tafonao, Talizaro, Y Gulo, T M Situmeang, And A H V Ditakristi. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kristen Pada Anak Usia Dini Di Era Teknologi.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, No. 5 (2022): 4847–4859.

Tanasyah, Yusak, Bobby Kurnia Putrawan, Sutrisno Sutrisno, And Iswahyudi Iswahyudi. “Dampak Strategi Pembelajaran Lewat Visualisasi Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Era Masyarakat 5.0.” Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen 3, No. 2 (2021): 281–303.

Telaumbanua, Arozatulo, Dosen Sekolah, Tinggi Teologi, Anugerah Misi, And Nias Barat. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa” (N.D.).

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.