Peran Guru Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Unity Bekasi

Authors

  • Benny Jhon Habibie Sekolah Tinggi Teologi Apolos, Jakarta Author

Keywords:

Unity Bekasi; Guru; Pendidikan Agama Kristen; Karakter.

Abstract

Belajar di kelas pendidikan agama Kristen menuntut guru untuk mengajarkan nilai-nilai Kristen dengan menghormati perbedaan denominasi yang ada. Tantangan utama dalam proses pembelajaran ini adalah ketidaktertarikan siswa terhadap pelajaran agama Kristen, yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurikulum yang kurang menarik dan keterbatasan dalam pendekatan pengajaran. Artikel ini membahas strategi guru dalam membangun karakter siswa, termasuk pendidikan nilai, pengembangan spiritualitas, dan kerjasama dengan orang tua dan komunitas. Di SMP Unity Bekasi, metode pembelajaran yang digunakan meliputi ceramah dan diskusi kelompok. Selain itu, pentingnya pendidikan dalam kehidupan manusia, peran guru dalam pendidikan karakter siswa, kualifikasi guru, dan pentingnya pengembangan kemampuan guru juga menjadi fokus pembahasan. Guru PAK memiliki peran vital dalam membentuk karakter siswa melalui pembentukan nilai moral, memberikan teladan, dan mendukung pertumbuhan pribadi siswa. Pendidikan karakter dapat diimplementasikan baik di lembaga pendidikan formal maupun informal dengan peran penting dari guru, orang tua, dan lingkungan sekitar. Metode pembelajaran yang tepat seperti tanya jawab, latihan keterampilan, dan penggunaan media yang sesuai juga menjadi kunci dalam proses pembelajaran karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adu, Mariyanti, and Remegises Danial Yonanis Pandie. “Pola Asuh Demokratis Sebagai Praktik Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 3 (2022): 4589–4600.

Buchari Agustini. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Iqra 12 (2018): 1693–5705.

Christofer, Fernando, and Wahyu Irawati. “Peran Guru Kristen Dalam Membentuk Pemahaman Siswa Tentang Penciptaan Alam Semesta Yang Bersumber Pada Alkitab.” Didache: Journal of Christian Education 3, no. 2 (2022): 177.

Dapiha, Dapiha Dapiha. “‘Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas IV SD Negeri 11 Ujan Mas.’” Jurnal PGSD 12, no. 1 (2019): 22–27.

Dwici, Novida, Yuanri Manik, and Yusak Tanasyah. “Pendidikan Karakter Dalam Perkembangan Moral Peserta Didik.” Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (December 2020): 50–62.

Fitria, Ayu. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran.” Cakrawala Dini 5, no. 2 (2014): 61.

Justice Zeni Zari Panggabean. “Pendidikan Kristiani Berbasis Berpikir Kritis: Sebuah Tawaran Model Pembelajaran Demokratis Berdasarkan Pemikiran Pendidikan Membebaskan Menurut Paulo Freire.” Harati: Jurnal PendidikanKristen 2, no. 2 (October 2022): 127–145.

Kurniawati, Emilia, Yasir Arafat, and Yenny Puspita. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sekolah.” Journal of Education Research 1, no. 2 (October 2020): 134–137.

Kustandi, Cecep, Muhammad Farhan, Asfara Zianadezdha, Azahra Kurnia Fitri, and Nabilla Agustia L. “Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran.” Akademika 10, no. 02 (2021): 291–299.

Lase, Delipiter, and Etty Destinawati Hulu. “Dimensi Spritualitas Dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen.” Sundermann: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan Volume 13 (March 2020): 13–25.

Lumowaar, kosmas soban & Sofly Junike, Kosmas Sobon, Sofly Junike Lumowa, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik, and De La Salle. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata” 3 (2018): 196–207.

Mary, Eirene. “Implikasi Ulangan 5:16 Dalam Pendidikan Keluarga.” Journal of Christian Education 1, no. 2 (2020).

Tarumingi, Denny A. “Pendidikan Agama Kristen Sebagai Panggilan Kerasulan.” Educatio Christi. 2020 1, no. 1 (January 2020): 9–16.

Wahyudi, Adip. “Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ips.” JESS: Jurnal Education Social Science 2, no. 1 (2022): 51–61.

Yestiani, Dea Kiki, and Nabila Zahwa. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar.” Fondatia 4, no. 1 (2020): 41–47.

Yoel Betakore. “Menggapai Pengetahuan, Memperoleh Spiritualitas: Urgensi Dwi-Konsep Pengetahuan-Spiritualitas Dalam Pendidikan Agama Kristen.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 6 (September 2021): 3975–3983.

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

Peran Guru Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Unity Bekasi. (2024). Jurnal Shema, 7(02). https://ejurnal.sttpshema.ac.id/index.php/shema/article/view/12

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)