Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga

Authors

  • Mariyanti adu IAKN Kupang Author

Keywords:

Keluarga ; PAK ; Keluarga

Abstract

Penerapan PAK harus dibangun dari dalam keluarga sehingga terbentuk sinergi yang kuat antara gereja dan sekolah. Tujuan PAK dalam keluarga adalah mengajarkan hubungan antara manusia dengan Tuhan dan ciptaan-Nya. Keterlibatan keluarga dalam pelaksanaan PAK dapat membentuk moral dan spiritualitas anak sejak dini karena akan mempengaruhi hubungan anak dengan Tuhan dan hubungannya dengan orang lain. Oleh karena itu, peran keluarga merupakan aspek terpenting dalam pengembangan karakter dan kepribadian anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-analitik dengan pendekatan perpustakaan. Pendekatan ini digunakan untuk menggali bagaimana penerapan PAK dalam keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PAK dalam keluarga dilakukan melalui empat kegiatan yaitu, mengajar melalui perkataan orang tua, mengajar melalui keteladanan orang tua, mengajar melalui pengabdian keluarga, dan mengajar melalui peraturan-peraturan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Christa Siahaan & Djoys Anneke Rantung. “PERAN ORANGTUA SEBAGAI PENDIDIK DAN PEMBENTUK KARAKTER SPIRITUALITAS REMAJA.” Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2019): 95–114.

Deny Samly, Yohanes Joko Saptono. “Penanaman Nilai-Nilai Kristen Berdasarkan Ulangan 6:7 Bagi Pertumbuhan Manusia Rohani Anak.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei 7, no. 2 (June 29, 2022): 194–207.

Diana, Ruat. “Prinsip Teologi Kristen Pendidikan Orang Tua Terhadap Anak Di Era Revolusi Industri 4.0.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (2019): 27–39.

Ells, Vonny, Norce L Saleky, Ninik Tri Utami, Jevri Terok, Marlina Nasrani, Sekolah Tinggi, and Teologi Erikson-Tritt. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga.” In Prosiding STT Eriskson-Tritt, 90:90–106, 2021. https://e-journal.stteriksontritt.ac.id/index.php/prosiding.

Haystead, Wes. Mengajar Anak Tentang Allah. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1998.

Imeldawati, T, B Tarigan, and J C Manalu. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Menurut Injil Matius 18: 6-11 Dan Hubungannya Dengan Upaya Guru Dalam Membimbing Rohani Siswa/i SMA Negeri 1 ….” KERUGMA: Jurnal Teologi … 4, no. 1 (2022): 19–29.

Joyce Coon, Isaac dan Margaret Sembiri. Rencana Allah Bagi Rumah Tangga Kristen. Bandung: Kalam Hidup, 1978.

Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen, Penuntun Bagi Mahasiswa Teologi & PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama Dan Keluarga Kristen. Yogyakarta: Andi, 2006.

Lia. “Keteladanan Orang Tua Dalam Keluarga.” Kemenagnews.

Nainggolan, Alon Mandimpu, and Adventrinis Daeli. “Persepsi Jean Charlier De Gerson Dan Tuhan Yesus Kristus.” Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini (2009): 45–57.

Nainggolan, J. M. Strategi Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: Generasi Info Media, 2008.

Narramore, Clyde. Mengadakan Renungan Keluarga. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, n.d.

Ruwi Hastuti. “PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM KELUARGA SEBAGAI PUSAT BERMISI.” Integritas: Jurnal Teologi 3, no. 2 (2021): 1–15.

Sigalingging, Jamsah, and Joice Ester Raranta. “Peran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Mental, Spiritual, Dan Karakter Anak.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 6 (November 20, 2022): 7426–7436.

Soekanto, Soerjono. Anak Dan Perilakunya. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1985.

Vonny Ells, Norce L, Saleky, Ninik Tri Utami, Jevri Terok, Marlina Nasrani. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital.” Prosiding Stt Erikson-Tritt 1, no. 1 (2021): 90–106.

Wahyuni, Sri. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital.” Prosiding Stt Erikson-Tritt 1, no. 1 (2021): 79–89.

Wanto Menda. “PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM KELUARGA.” 16 Desember. Last modified 2016. https://sinodegmit.or.id/2016/12/16/pendidikan-agama-kristen-dalam-keluarga/.

“Orang Tua, Anak-Anak—Berkomunikasilah Dengan Kasih.”

“Psikolog: Orang Tua Harus Menjadi Navigator Anak Dalam Hadapi Dunia Teknologi.” Gaya Trend.Com. https://gayatrend.com/2022/04/05/psikolog-orang-tua-harus-jadi-navigator-anak-dalam-hadapi-dunia-teknologi/.

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

Most read articles by the same author(s)