Pendekatan Demonstrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen

Authors

  • Fredik Melkias Boiliu Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia Author
  • Sara Yemima Purba Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia Author

Keywords:

Metode, Demostrasi, Pendidikan Agama Kristen.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendekatan demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Metode ini memfasilitasi pemahaman konsep agama Kristen melalui pengalaman langsung, memperkuat keterampilan praktis, dan mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dalam konteks agama Kristen, pendekatan demonstrasi memungkinkan guru untuk menunjukkan secara langsung bagaimana konsep-konsep agama diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat memahami dan menginternalisasi nilai-nilai tersebut dengan lebih baik. Melalui metode ini, akan melibatkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam praktik-praktik agama Kristen, seperti doa, meditasi, dan pengajaran Alkitab, yang dapat memperkaya pengalaman spiritual mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka atau studi literatur. Hasil penelitian ini akan menjelaskan konsep pendekatan demonstrasi dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Kristen serta manfaatnya dalam memperkuat pemahaman dan praktik spiritual siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah. “PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN YANG MENGAKTIFKAN SISWA Abdullah.” Edureligia 1, no. 1 (2017): 45–62.

Andrianta, Dwi, Stimson Hutagalung, and Rolyana Ferinia. “DALAM BUDAYA JAWA Menyelamatkan Jiwa Yang Sudah Meninggal Dunia . ( Sari , 2017 ). Pada Hingga Saat Ini Karena Dianggap Memiliki Nilai-Nilai Luhur Di Dalamnya .” 2, no. 2 (2020): 244–264.

Arifianto, Yonatan Alex, and Priyantori Widodo. “Biblical Studies of the Concept of Christian Servants Based on 2 Timothy 1: 3-18.” Jurnal Teologia 5, no. 2 (2021): 89–106.

Arifin, Zainal. “PERAN GURU DI SEKOLAH DAN MASYARAKAT Zainal” 7, no. 3 (2021): 6.

Betu, Meliani Konda, and Yonatan Alex Arifianto. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Misi Kristen: Upaya Aktualisasi Amanat Agung.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 5, no. 1 (2022): 61–70.

Buchari Agustini. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Iqra 12 (2018): 1693–5705.

Christofer, Fernando, and Wahyu Irawati. “Peran Guru Kristen Dalam Membentuk Pemahaman Siswa Tentang Penciptaan Alam Semesta Yang Bersumber Pada Alkitab.” Didache: Journal of Christian Education 3, no. 2 (2022): 177.

Dapiha, Dapiha Dapiha. “‘Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas IV SD Negeri 11 Ujan Mas.’” Jurnal PGSD 12, no. 1 (2019): 22–27.

Darmadi. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2017.

Debora Pantas, Natalia. “Bersaksi Tentang Kristus Sebagai Gaya Hidup Pemuda Kristen Masa Kini.” Missio Ecclesiae 5 (2007): 169–189.

Dewanti, Rahmi, and A Fajriwati. “Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pembelajaran Fiqih.” Jurnal Kajian Islam Kontemporer 11, no. 1 (2020): 88–98.

Diana, Ruat, K Katarina, Yesi Tamara, and Kiki Priskila. “Prinsip Hidup Kristen Di Tengah Masyarakat Yang Majemuk.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) 1, no. 2 (2019): 90–99.

Dien, Riedel Schwars Gesler, and Valentino Reykliv Mokalu. “Metode Ilmiah Dalam Sejarah Tafsir Alkitab Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Agama Kristen.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2022): 3058–3066.

Djadi, Jermia. “Kepemimpinan Kristen Yang Efektif.” Jurnal Jaffray 7, no. 1 (2009): 16.

Dr. Amin, S.Pd., M.Si., Linda Yurike Susan Sumendap, M.Pd. 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbitan LPPM, 2022.

Eman Nataliano Busa. “Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas.” Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan 2, no. 2 (2023): 114–122.

Endayani, TB, Cut Rina, and Maya Agustina. “Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 5, no. 2 (2020): 150–158.

Ermindyawati, Lilis. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi Di SD Negeri 01 Ujung Watu Jepara.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 1 (2019): 40–61.

Erni, Sugiyono, Kartono. “Peningkatan Keterlibatan Siswa Secara Aktif Dalam Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas Iv.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 3, no. 3 (2014).

Fince, Achmad Ramadhan, and Yusdin Gagaramusu. “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyebab Benda Bergerak Di Kelas I SD Kecil Pangi Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 3, no. 1 (2015): 1–22.

Fitria, Ayu. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran.” Cakrawala Dini 5, no. 2 (2014): 61.

Gabriela, Novika Dian Pancasari. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2021): 104–113.

Henny, Lucyana. “Konsep Ibadah Yang Benar Dalam Alkitab.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan 4, no. 1 (2020): 73–88.

Joseph, Priscillia Diane Joy, and Fredik Melkias Boiliu. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Penggunaan Teknologi Pada Anak.” Educatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4 (2021): 2037–2045.

Jusmeri, Jusmeri. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Menyimak Dikelas Vi Sekolah Dasar.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10, no. 6 (2021): 1683.

Justitia VD Hattu. “Keterkaitan Pendidikan Kristiani Di Sekolah Dan Gereja.” Indonesian Journal of Theology 7, no. 1 (2019): 25–45.

Kana, Kana, Leniwan Darmawati Gea, Sri Ernawati, and Wike Mary Agmy. “Tanggung Jawab Misioner Guru Kristen Dalam Dunia Pendidikan.” Makarios: Jurnal Teologi Kontekstual 1, no. 2 (2023): 152–159.

Kanza, Nanda Rizky Fitrian, Albertus Djoko Lesmono, and Heny Mulyo Widodo. “Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember.” Jurnal Pembelajaran Fisika 9, no. 2 (2020): 71.

Kustandi, Cecep, Muhammad Farhan, Asfara Zianadezdha, Azahra Kurnia Fitri, and Nabilla Agustia L. “Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran.” Akademika 10, no. 02 (2021): 291–299.

Lestari, Iis Dewi, Fibria Anggraini, and Puji Lestari. “PENGGUNAAN MEDIA AUDIO , VISUAL , DAN AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KEPADA GURU-GURU” 01, no. 01 (2018): 55–60.

Lopuhaa, Agustinus Oktovianus. “Interpenetrasi Agama Kristen Dan Agama Suku Dalam Tradisi Cuci Negeri Di Hukurila.” Jurnal Sosial Humaniora 12, no. 1 (2019): 1.

Lumowaar, kosmas soban & Sofly Junike, Kosmas Sobon, Sofly Junike Lumowa, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik, and De La Salle. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata” 3 (2018): 196–207.

Magister, Sara Kurnia Kristi. “IMPLEMENTASI DOKTRIN KRISTOLOGI DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA” 3, no. 3 (2023): 230–245.

Mamarodi, Ridolof Sefnat. “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen (PAK) Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Dalam Kajian Pendidikan Karakter.” Nhk技研 151 (2015): 10–17.

Maria Elisa Tulangouw. “Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah.” Educatio Christi 1, no. 3 (2020): 212–223.

Marunduri, Charles F. “Teologi Doa Martin Luther.” Verbum Christi: Jurnal Teologi Reformed Injili 4, no. 1 (2017): 15–40.

Moneta, Erlin, Sri Handayani, and Oktiana Handini. “Analisis Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kelas V SDN Sekip II Surakarta Tahun Pelajaran 2021/2022.” Journal on Education 5, no. 4 (2023): 13067–13072.

Mudak, Sherly. “Makna Doa Bagi Orang Percaya.” Missio Ecclesiae 6, no. 1 (2017): 97–111.

Muwahidah Nur Hasanah, M. Pd.I, Dra. Wibawati Bermi, MA. METODE PEMBELAJARAN PAI. CV. AZKA PUSTAKA, 2022.

Nurfadhillah, Septi, Della Fully Rizkiya, Khuzaifatu Waro, Nurul Rika Handayani, and Pinkan Ayu Ningsih. “Pengaplikasian Media Pembelajaran Visual Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Bina Bangsa.” EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains 3, no. 2 (2021): 253–263.

Purwanti, Heni. “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Boga Dasar.” Jurnal Ilmiah WUNY 3, no. 1 (2021): 73–89.

Putri O. Hutasoit, Benida D. Nababan, Masri Sagala, Mawartini Siallagan, and Damayanti Nababan. “Peningkatan Konsentrasi Siswa Dalam Mengikuti Seminar Dengan Metode Demonstrasi.” Perigel: Jurnal Penyuluhan Masyarakat Indonesia 1, no. 4 (2022): 26–36.

Ruhalijah, H.Kaswari, and Hj. Suryani. “Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 18 Sungai Kakap.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 2, no. 1 (2013).

Sadin, Sadin. “Penggunaan Media Audio-Visual Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Ips.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 11, no. 2 (2019): 56.

Salinding, Viola Jesiska, and Magdalena Pranata Santoso. “Penerapan Pendidikan Kristen Dalam Kegiatan Belajar-Mengajar Yang Menolong Murid Belajar Secara Efektif Berdasarkan Perspektif Alkitab.” Aletheia Chrisian Educators Journal 1, no. 1 (2020): 28–39.

SANJANI, MAULANA AKBAR. “TUGAS DAN PERANAN GURU DALAM PROSES PENINGKATAN BELAJAR MENGAJAR” 2017, no. 1 (2020): 1–9.

Santosa, Nur Budi. “Dosen & Sekretaris Prodi S2 Magister Teologi Kependetaan, STT ‘INTHEOS’ Surakarta 1” (n.d.): 1–16.

Saputro, Nova. “Perspektif Teologi Reformed Dan Implikasinya Bagi Iman Kristen” 3, no. 2 (2021): 96–103.

Sartini, Syamsiati, and Hery Kresnadi. “Penerapan Metode Guide Inquiry Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 3 (2014): 1–12.

SEPTI SUBIANTI. “PENERAPAN MEDIA PENGALAMAN LANGSUNG PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TUNAS BANGSA KUBU RAYA” (2013).

Sihombing, Edy Syahputra. “Kesaksian Iman Dalam Dialog Interreligius Dan Teologi Interkultural.” Societas Dei: Jurnal Agama dan Masyarakat 7, no. 2 (2020): 173–196.

Simanjuntak, Fredy, and Evans Dusep Dongoran. “Kajian Teologis Ritual Nyangahatn Dalam Persfektif Penyembahan Menurut Alkitab.” Real Didace: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2020): 147–154.

Sugiyanto. “Pengaruh Gaya Belajar Experiential Learning Dalam Peningkatan Prestasi Akademik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran.” Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling VIII, no. 15 (2013): 43–64.

Supriatna, Cepi, Heny Rohayani, and Ria Sabaria. “Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran” 1, no. 3 (2021): 25–35.

Supriyadi, Daniel. “Implementasi Best Practice Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Minggu.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (2021): 94–108.

Tahan Suci Windasari. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR.” הארץ, no. 8.5.2017 (2022): 2003–2005.

The, Hery Yanto, and NFN Latifah. “Pembelajaran Dengan Pengalaman Langsung Dan Efikasi Diri Mahasiswa Dalam Menulis Karya Ilmiah (Students’ Academic Writing Skills and Self Efficacy Through Experiential Learning).” Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa 16, no. 2 (2019): 201.

Tubagus, Steven. “Makna Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab.” BONAFIDE : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2021): 25–45.

Usat, Yahya. “Kepemimpinan Blusukan: Model Kepemimpinan Kristen Yang Membumi.” Integritas: Jurnal Teologi 1, no. 2 (2019): 93–100.

Wibowo, Linda Ari, and Lamtioma Rinca Pardede. “Peran Guru Dalam Menggunakan Model Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Belajar.” Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 5, no. 1 (2019): 201–208.

Wibowo, Nugroho. “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 1, no. 2 (2016): 128–139.

Widianingsih, Cawi. “Metode Demontrasi Dalam Pembelajaran Matematika.” Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains 5, no. 01 (2017): 81.

Wilanda, Riska Agus. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA PERISTIWA DISEKOLAH DASAR.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3, no. 2 (2015): 1–10.

Yestiani, Dea Kiki, and Nabila Zahwa. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar.” Fondatia 4, no. 1 (2020): 41–47.

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

Pendekatan Demonstrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. (2024). Jurnal Shema, 7(02). https://ejurnal.sttpshema.ac.id/index.php/shema/article/view/8

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)