Implikasi Etika Dalam Pendidikan Agama Kristen

Authors

  • Yunita Paly Sekolah Tinggi Teologi Bethel The Way Author
  • Desriani Fitrin Koro Sekolah Tinggi Teologi Bethel The Way Jakarta Author

Keywords:

Educational ethics, ethical implications, Christian religious education, moral responsibility, Christian values.

Abstract

        Pendidikan agama Kristen memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral peserta didik. Namun, dalam praktiknya, sering kali terdapat tantangan terkait penerapan etika yang sesuai dengan ajaran Kristen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implikasi etika dalam pendidikan agama Kristen serta dampaknya terhadap pengembangan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dan analisis kualitatif terhadap berbagai sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika dalam pendidikan agama Kristen tidak hanya berfokus pada pengajaran doktrin, tetapi juga pada pengembangan nilai-nilai moral yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa integrasi etika dalam kurikulum pendidikan agama Kristen sangat penting untuk menciptakan generasi yang tidak hanya memahami ajaran agama, tetapi juga mampu menerapkannya dalam tindakan nyata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bora, Merliana Ina, and Wahyu Irawati. “Kajian Etika Kristen Terkait Peran Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Kemerosotan Karakter Siswa Di Era Digital [A Study Of Christian Ethics Related To The Teacher’s Role In Implementing Character Education To Overcome Character Dec.” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 6, no. 2 (2022): 222–37.

———. “Kajian Etika Kristen Terkait Peran Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Kemerosotan Karakter Siswa Di Era Digital [A Study Of Christian Ethics Related To The Teacher’s Role In Implementing Character Education To Overcome Character Dec.” Johme: Journal of Holistic Mathematics Education 6, no. 2 (2022): 222–37.

Cynthia, Riries Ernie, and Hotmaulina Sihotang. “Melangkah Bersama Di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023): 31712–23.

Darmawan, I Putu Ayub, John Mardin, and Urbanus Urbanus. “Pendidikan Dalam Gereja Sebagai Bentuk Partisipasi Kristen Dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.” In Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 1:50–61, 2023.

Lamak, Yohana Letek, and Instansakti Pius X. “Keterlibatan Gereja Dalam Membangun Nilai-Nilai Kesusilaan Di Tengah Masyarakat Majemuk Sekolah Tinggi Pastoral IPI Malang.” Jutipa: Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama 2, no. 1 (2024): 183–90.

Napitupulu, Tina Natalia, and Victor Deak. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Moral Remaja.” Formosa Journal of Multidisciplinary Research 1, no. 3 (2022): 627–40.

Ndruru, Yurlina, Andreas Teko, and Sandra Rosiana Tapilaha. “Teologi Pendidikan Agama Kristen: Fondasi Dan Implikasi Untuk Pendidikan Modern.” Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Katolik 2, no. 2 (2024): 167–76.

Rendi Rendi, Gresia Monika Sinaga, Sandra Rosiana Tapilaha. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Dan Etika Berbasis Nilai-Nilai Kristen” Volume. 2, (2024): 1 dan 2.

Sari, Sioratna Puspita, and Jessica Elfani Bermuli. “Etika Kristen Dalam Pendidikan Karakter Dan Moral Siswa Di Era Digital [Christian Ethics in Teaching Character and Moral for Students in the Digital Era].” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 3, no. 1 (2021): 46–63.

Sihombing, Iin Nur Indrayani. “Terapan Pendidikan Etika Kristen Dalam Moral Peserta Didik.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 6 (2022): 8052–61.

———. “Terapan Pendidikan Etika Kristen Dalam Moral Peserta Didik ”Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 6

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>